NYSSENATE31 –┬áCassata merupakan salah satu kekayaan kuliner Italia yang berasal dari Sicilia. Kue ini tidak hanya sekedar penganan manis, melainkan simbol budaya dan sejarah yang panjang. Cassata menggabungkan cita rasa yang kompleks, dengan tekstur yang kaya dan warna-warni yang mencolok, mencerminkan pengaruh berbagai peradaban yang telah singgah di pulau Sicilia.

Sejarah dan Asal-usul:
Cassata Siciliana, dengan keindahan dan kekayaan rasanya, memiliki sejarah yang merupakan cerminan dari keragaman budaya Sicilia. Istilah “cassata” berasal dari kata Arab “qas’ah,” yang merujuk pada mangkuk yang digunakan untuk membentuk kue ini. Resep awalnya diperkenalkan oleh penjajah Arab di Sicilia sekitar abad ke-10. Mereka membawa gula, buah zaitun, dan esensi air mawar yang menjadi bahan dasar dari banyak variasi cassata yang kita kenal saat ini.

Komposisi Cassata:
Cassata tradisional dibuat dari lapisan sponge cake yang dibasahi dengan likur atau jus buah, biasanya jeruk. Lapisan cake ini kemudian diberi campuran ricotta yang manis, diperkaya dengan potongan cokelat atau buah kering dan kadang-kadang ditambahkan pasta almond. Cassata ini selanjutnya dilapisi dengan marzipan berwarna hijau, glasir gula putih, dan dihiasi dengan buah kandil atau buah ceri, membentuk sebuah palet warna yang menyenangkan.

Evolusi dan Variasi:
Sepanjang abad, cassata telah berevolusi dengan menyerap pengaruh dari berbagai budaya yang mendiami Sicilia, termasuk Yunani, Romawi, Arab, Norman, dan Spanyol. Setiap periode sejarah menambahkan sentuhan uniknya pada resep asli. Hari ini, ada beberapa variasi cassata, termasuk cassata al forno (panggang), yang memiliki tekstur yang lebih padat dan kue yang lebih kering.

Pentingnya dalam Budaya Sicilia:
Di Sicilia, cassata tidak hanya sebagai hidangan penutup biasa tetapi juga sebagai pusat dari perayaan dan festival, terutama selama Paskah dan perayaan-perayaan lainnya. Cassata merupakan simbol keramahan dan kegembiraan, sering kali dibawa sebagai hadiah saat berkunjung ke rumah teman dan keluarga.

Cara Membuat Cassata:
Membuat cassata adalah proses yang membutuhkan waktu dan perhatian pada detail. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam pembuatan cassata:

  1. Persiapan Sponge Cake: Membuat dasar kue yang lembut dan elastis.
  2. Persiapan Isian Ricotta: Menggabungkan keju ricotta yang telah disaring dengan gula, buah kering, dan cokelat.
  3. Merangkai Cassata: Menumpuk lapisan sponge cake dengan siraman likur dan lapisan ricotta, kemudian menyelimutinya dengan marzipan.
  4. Dekorasi: Menyelesaikannya dengan glasir dan hiasan buah yang cerah.

Pentingnya Cassata di Dunia Kuliner Saat Ini:
Cassata tidak hanya penting sebagai warisan budaya tetapi juga sebagai inspirasi bagi para koki dan pencinta kuliner di seluruh dunia. Kue ini menunjukkan bagaimana suatu hidangan bisa menjadi wadah yang menyatukan berbagai bahan dan tradisi menjadi satu kreasi yang harmonis.

Kesimpulan:
Cassata Siciliana adalah lebih dari sekedar kue, itu adalah karya seni yang dapat dimakan, sejarah yang dapat dirasakan, dan tradisi yang terus dihidupkan. Dengan setiap gigitan, kita merasakan perpaduan sejarah dan budaya yang telah membentuk pulau Sicilia dan, pada skala yang lebih luas, kekayaan kuliner Italia. Cassata tidak hanya menawarkan kenikmatan bagi indera rasa, tetapi juga pengalaman yang memperkaya pengetahuan dan apresiasi terhadap budaya yang kaya.